Get Social With Us
Memilih Jenis Iklan Facebook yang sesuai dengan Sasaran dan Tujuan Digital Marketing | BIG In Digital
20246
post-template-default,single,single-post,postid-20246,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,vertical_menu_enabled,select-theme-ver-3.5,wpb-js-composer js-comp-ver-5.0.1,vc_responsive

Memilih Jenis Iklan Facebook yang sesuai dengan Sasaran dan Tujuan Digital Marketing

Tahukah anda bahwa orang-orang di Indonesia menghabiskan 20% dari waktu luang mereka untuk mengakses media sosial Facebook atau Instagram. Lebih dari 1,8 Miliar orang yang menggunakan Facebook setiap bulannya.

 

Dengan begitu banyaknya pengguna Facebook aktif, Iklan Facebook merupakan cara yang sangat mudah untuk marketer yang ingin menjangkau atau mencari reach Audiens baru. Platform bisnis facebook telah berkembang,memberikan pengiklan lebih banyak opsi untuk menjangkau audience.

 

Namun, dengan begitu banyak opsi yang ada akan membingungkan pengiklan untuk menentukan jenis Iklan  terbaik untuk digital marketing campaign yang akan dijalankan.

 

Kali ini, akan dibahas jenis-jenis Iklan Facebook yang dapat membantu Anda mencari tahu Iklan apa yang sesuai dan harus digunakan untuk mencapai tujuan digital marketing anda.

 

Catatan khusus: Salah satu jenis iklan Facebook yaitu Facebook Lead Ads semakin bermanfaat untuk inbound marketers karena memungkinkan pengguna Facebook untuk mengisi formulir secara langsung di dalam aplikasi Facebook.

 

Jenis  Iklan Facebook: Yang mana yang menjadi pilihan anda?

 

App Engagement

Jenis iklan App engagement digunakan untuk memberi tahu fitur-fitur yang dimiliki aplikasi tersebut sebelum mengajak pengguna untuk mendownload. Berikut merupakan contoh iklan App Engagement:

Iklan jenis ini dapat menargetkan pengguna baru maupun pengguna yang telah ada, pada contoh diatas, pada caption iklan ini diselipkan kalimat “call to action” untuk mendorong aktivitas dalam iklan, bukan hanya sekedar ajakan untuk download aplikasi tersebut.

 

App Install

Berbeda dengan jenis iklan App Engagement, App Instal lebih cenderung menunjukan inti dari aplikasi, tujuan dan fungsionalitas dari aplikasi sehingga dapat mendorong pengguna untuk melakukan download. Bisa dikatakan bahwa jenis iklan ini lebih to the point.

Brand Awareness

Jika Anda ingin menggunakan Iklan facebook untuk mengekspos brand atau produk anda agar dilihat dan diketahui orang sebanyak mungkin, gunakan objektif facebook Brand Awareness. Jenis ini sangat efektif jika digunakan untuk konten yang menarik sehingga dapat membuat pengguna Facebook yang sedang scrolling pada news feed facebooknya melihat konten iklan tersebut.  Fokuslah untuk menciptakan konten yang menarik yang dapat membuat user yang melihat konten tersebut ingin tahu lebih banyak mengenai Brand anda.

Iklan Spotify di atas menggunakan konten kreatif, mereka menggunakan jenis konten kuis. Spotify menggunakan pendekatan Brand Awareness untuk menciptakan konten yang menarik perhatian lebih banyak pengguna.

 

Store Visit

Anda memiliki bisnis yang berjalan di beberapa lokasi dan ingin mengakuisisi pelanggan di lokasi tertentu? Gunakanlah Iklan jenis Store visit. Iklan jenis ini memungkinkan anda untuk menargetkan pengguna di lokasi yang lebih spesifik. Jika anda memiliki lokasi yang lebih dari satu, Anda dapat menggunakan konten iklan yang sama namun menargetkan pengguna Facebook di lokasi yang berbeda. Untuk menggunakan iklan jenis ini, anda harus memasang informasi lokasi pada halaman Facebook bisnis anda.

 

Local Awareness

Berbeda dengan iklan Brand awareness yang dapat menarik audience dengan lebih luas, iklan jenis Local Awareness mendorong brand awareness di lokasi yang lebih spesifik. Sebagai contoh, Cold Stone Creamery menggunakan iklan jenis Local Awareness untuk menargetkan wilayah di dekat toko mereka di Bangladesh. Pada iklan ini Cold Stone memilih untuk menggunakan video sebagai konten iklannya.

 

Website Conversion

Website Conversion Campaign digunakan untuk mendorong pengguna melakukan klik iklan dan masuk ke website anda. Iklan jenis ini bermaksud untuk mendorong tindakan yang lebih spesifik di halaman situs web anda. Gunakanlah iklan jenis ini untuk mendorong pengguna mendaftar newsletter, free trial atau download.

Sebagai contoh, Lyft menggunakan iklan jenis website conversion untuk mendorong pengguna facebook untuk menjadi pengemudi Lyft dengan penawaran khusus. Menggunakan kalimat call to action “Apply sekarang” dapat menciptakan kesan penawaran yang terbatas dengan menambahkan kalimat “Waktu terbatas”

 

Click to Website

Jika anda ingin menghasilkan traffic pada website anda, gunakanlah iklan jenis Click to website. Jenis iklan ini memungkinkan anda mengirim pengunjung ke halaman webiste anda.

Contohnya, Wikibuy menggunakan iklan jenis ini untuk mendorong traffic ke salah satu halaman blognya

Event Ads

Anda ingin menghasilkan buzz dan kehadiran pada event anda mendatang? Gunakan iklan jenis Event Ads untuk mempromosikan acara anda dan dapatkan lebih banyak eksposure. Jenis iklan ini cukup straight to the point dan fokus dalam menghasilkan kehadiran. Namun, jika anda ingin mendorong pengguna untuk melakukan pendaftaran di situs web untuk dapat datang ke acara anda, akan lebih baik menggunakan jenis iklan Website conversion.

Offer Claim Ads

Jika anda memiliki promo diskon, penawaran liburan atau konten penawaran khusus gunakanlah iklan jenis ini, dan jangan lupa menambahkan kalimat call to action yang spesifik.

Seperti contoh iklan diatas, jenis iklan offer claim mengarahkan pengguna untuk daftar langsung pada situs website anda. dimana mereka dapat mengklaim penawaran yang anda promosikan lewat iklan di Facebook .

 

Lead Gen (Full Forms) Ads

Jenis Lead Generation memungkinkan pengguna mengisi formulir pada landing page halaman website anda. Namun, kelemahan dari jenis iklan ini adalah pengguna diharuskan untuk meninggalkan facebook sesaat setelah mereka klik iklan.

Tapi jangan khawatir, Facebook menawarkan objective dimana memungkinkan anda untuk mengumpulkan informasi tanpa membuat pengguna keluar dari aplikasi Facebook mereka. Berikut contohnya:

Pertama, pengguna melihat iklan. Kemudian setelah pengguna klik iklan tersebut, akan muncul pop-up seperti ini di dalam aplikasi Facebook mereka. Selanjutnya, pengguna klik pada tombol register dan melihat formulir yang dapat mereka isi. Saat pengguna submit formulir, mereka  langsung bisa kembali menjelajah newsfeed Facebook mereka. Facebook akan sinkronisasi dengan sistem CRM anda sehingga data langsung dapat tersimpan.

Page Likes

Anda mungkin ingin menggunakan iklan Facebook untuk memperluas reach organik anda. Untuk itu, gunakanlah iklan jenis Page Like untuk mendorong pengguna baru untuk Like page anda. Campaign Page Like merupakan solusi terbaik bagi anda yang ingin kehadiran brand anda di social media diakui dan mendorong pengguna facebook untuk engage pada konten anda.

 

Post Engagement

Jika anda posting konten pada Facebook page anda, anda mungkin mengetahui konten mana yang baik dan mana yang kurang. Dengan iklan jenis Post engagement, anda bisa menarik lebih banyak engagement pada konten anda dan meningkatkan reach. Jenis ini membantu menghasilkan lebih banyak aktivitas pada konten anda dan juga membantu anda mendapatkan followers yang organik. Berikut terdapat contoh iklan post engagement.

 

Memilih jenis iklan Facebook yang cocok digunakan untuk bisnis Anda

 

Pembahasan sebelumnya, telah dijelaskan beberapa jenis iklan facebook yang dapat anda gunakan untuk memenuhi objektif maupun goal anda. Namun kenyataannya, banyak campaign iklan facebook yang salah sasaran. 

Jadi, bagaimana anda memilih jenis iklan yang tepat?

 

1.Tentukan tujuan dari Campaign anda.  

2.Pilih jenis iklan yang paling relevan dengan sasaran anda.

3.Kerucutkan pilihan yang ada

4.Buatlah caption dan iklan yang kreatif dan menarik

5.Gunakan Jenis iklan yang berbeda untuk campaign yang berbeda

6.Targetkan audience dengan tepat

7.Trial and Error. Coba, Analisa dan Ulangi

 

Jadi, sudah siapkah kamu untuk beriklan di Facebook?

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.