Get Social With Us
Facebook Marketing, Bagaimana menangapi penurunan Organic reach | BIG In Digital
20176
post-template-default,single,single-post,postid-20176,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,vertical_menu_enabled,select-theme-ver-3.5,wpb-js-composer js-comp-ver-5.0.1,vc_responsive

Facebook Marketing, Bagaimana menangapi penurunan Organic reach

Marketeers, pasti pernah dengarkan isu mengenai algoritma facebook yang “menutup” organic reach? Ini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi penurunan Organic Reach pada Fanpage Anda. Berikut tips nya:

 

Lebih Selektif dalam memilih konten

Marketer harus mulai mengganti strategi pemilihan kontennya. Dari konten bebas (mass) menjadi konten yang tertarget. Mulai sekarang, ubahlah pemikiran Anda mengenai konten. Jangan hanya menyebarkan konten kemudian berharap konten tersebut berhasil dengan sendirinya. Sekarang, fokus pada bagaimana caranya konten mendapatkan interaksi sebanyak mungkin. Mulailah membuat konten yang spesifik kepada audience tertentu sehingga dapat meningkatkan interaksi. Dengan cara ini, konten tersebut berperan besar untuk membantu memperbaiki keseluruhan interaksi dari konten-konten yang ada di Page.

 

Selalu ingatkan dan buat fans untuk mengunjungi fanpage Anda.

Seringkali, postingan Anda tidak akan muncul di Timeline fans Anda dikarenakan algoritme Facebook. Untuk itu, jangan lupa untuk mengingatkan fans Anda untuk sering-sering mengunjungi page Anda. Caranya, cobalah edukasi mereka untuk menggunakan News Feeds yang terdapat pada pojok kiri halaman facebook mereka.

 

Buatlah audience Anda lebih aktif pada konten Anda

Audience yang aktif akan meningkatkan kualitas interaksi post Anda. Selain itu saat audience berinteraksi dengan konten Anda, kemungkinan konten kita akan dilihat juga oleh teman dari fans Anda tersebut dan berpotensi Konten Anda akan terus muncul pada home timeline fans tersebut. Caranya mudah, cobalah selalu menyisipkan kalimat-kalimat Call to action pada setiap konten Anda.

 

Perbanyak konten Video yang dapat menimbulkan interaksi dengan fans

Konten video di facebook merupakan konten yang menarik dan cenderung membuat fans berhenti beberapa detik untuk melihat atau menonton konten tersebut.

Gunakan video dengan element-element yang menarik perhatian dari audience.

Studi baru-baru ini mengungkapkan jika Video yang diupload di facebook memiliki engagement rate yang tinggi 186% dan di share lebih dari 1000% jika dibandingkan dengan ‘linked’ video, dimana video ini memiliki link pada source lain selain facebook. Publish video untuk platform yang Anda promosikan dan distribusikan konten video tersebut pada platform social media lainnya.

 

Gunakan teknologi Facebook Live

Mulailah menggunakan teknologi facebook Live. Audience menghabiskan waktu kurang lebih 3x untuk menonton siaran Live daripada video. Mulailah ber-eksperimen dengan konten Live. Iklankan konten live Anda di berbagai platform untuk mengundang penonton. Siaranlah beberapa menit untuk membuat siaran Anda muncul pada News Feed audience. Buatlah konten baru yang menarik, atau siarkanlah siaran ‘behind the scene’ dari pembuatan konten untuk menarik perhatian audience

 

Perbanyaklah waktu dan perhatian untuk mengurus Digital Asset yang telah Anda miliki

Karena ketentuan pada facebook selalu berubah-ubah, cara paling aman ialah fokus pada digital channel yang telah Anda miliki, misal website ataupun blog. Buatlah konten yang menarik pada digital channel tersebut (konten artikel pada blog, ebook, studi kasus ataupun video) yang akan menarik traffic, leads dan audience.

Jika Anda memiliki budget, share konten tersebut pada social media platform yang Anda miliki misal Facebook, untuk menambah reach

Mulai menggunakan facebook seperti Platform iklan berbayar

Jika Anda akan menggunakan biaya, pastikan untuk menargetkan audience dengan benar. Begitu Anda membangun audience yang relevan, fokuslah pada pemasaran konten yang telah Anda buat dan gunakan ads untuk memperkuat target audience Anda.

Saat ini rasanya hanya tinggal menunggu waktu sebelum organic reach menyentuh angka nol, sehingga mulailah untuk mengasah strategi pemasaran Anda

 

Jika beriklan, cobalah untuk explore jauh dari biasanya

Kemampuan facebook untuk menargetkan sudah jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun silam. Sekarang Anda dapat membayar reach untuk brand Anda berdasarkan demografi, minat audience, perilaku audience dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada banyak tools dan fitur yang dapat membantu Anda untuk memaksimalkan efektifitas dari campaign Anda, termasuk:

  • Conversion Tracking: Melacak tindakan pengunjung situs setelah melihat iklan Facebook Anda.
  • Custom Audiences: Targetkan iklan Facebook berdasarkan daftar email yang Anda miliki.
  • Lookalike Audiences: Target iklan yang mirip dengan audience Anda sebelumnya
  • Audience Insights: Mempelajari audiens Facebook yang sudah ada untuk menargetkan iklan Anda dengan lebih baik.

  • Website Custom Audiences: Target user facebook yang pernah mengunjungi website Anda sebelumnya

  • Facebook Exchange: Menempatkan iklan yang bertarget ulang di Facebook untuk user yang pernah mengunjungi halaman produk atau layanan tertentu pada situs Anda.

  • Lots of Customizable Reporting: Membuat laporan berdasarkan metrik yang paling penting bagi bisnis Anda.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.